Potensi yang Terbuka Lebar dalam Bisnis Bumbu Dapur Kering

Peluang Usaha Bumbu Dapur Kering
Lalu bagaimana supaya dapat memulai peluang usaha ini? Sebenarnya saya juga tidak begitu faham mengenai masakan. Walaupun demikian apabila Anda memang ingin mengambil peluang usaha tersebut, Anda mesti menggunakan strategi yang tepat.

Apabila Anda tidak mampu masak, Anda harus merekrut SDM yang mungkin mampu membuat minimal tujuh sampai sepuluh macam bumbu masakan yang biasa digunakan sehari-hari, atau bisa jadi yang tidak begitu sering di gunakan orang-orang sekitar Anda, contohnya masakan khas daerah tertentu. Namun jika Anda bisa memasak seorang diri bumbu tersebut, maka hal itu lebih baik, tinggal coba dan coba lagi saja

Jika Anda telah memiliki juru masak atau Anda juga bisa memasak sendiri bumbu dapur racikan ini, maka kesempatan usaha tesebut tinggal melangkah ke bagian pemasarannya. Marketing terbaik adalah dengan menggunakan kenalan di sekitar Anda dahulu untuk uji coba produk bumbu dapur racikan Anda sebelum Anda jual di pasar yang sebenarnya, cermati apa reaksi mereka terhadap bumbu dapur racikan Anda. Setelah dirasa sudah bagus reaksi yang di berikan, maka Anda bisa mencoba menawarkannya ke orang luar. Umumnya terdapat beberapa strategi marketing usaha bumbu dapur ini yang dapat Anda pakai, berikut diantaranya:

1. Menjual Produk di Pasar Tradisional Tempat Kita Tinggal.
Kesempatan bisnis UKM tersebut bisa di jalankan di daerah pasar traditional di kawasan Anda, uang yang di keluarkan untuk menyewa tempat relatif lebih kecil. Anda tidaklah perlu mengontrak sebuah kios, cukup siapkan beberapa meja atau peralatan sederhana karena bumbu sudah Anda racik dari rumah. Pangsa pasar Anda lumayan besar karena pada dasarnya masyarakat mengunjungi pasar bertujuan untuk membeli bahan masakan, meski begitu kualitas dan harga yang Anda tawarkan harus bisa bersaing.

Baca juga  Analisa Bisnis Minuman Kemasan
2. Menjual Produk di Sekitaran Toko Swalayan.
Di depan Minimarket contohnya alfamart atau indomart dan semacam nya. kesempatan usaha seperti ini agaknya bisa juga di tawarkan di depan minimarket, mengingat orang Indonesia telah banyak yang belanja kebutuhan harian mereka di sana. karenanya bisa di bilang cocok apabila Anda menggunakan peluang bisnis bumbu dapur di lokasi seperti ini.

3. Menjual Produk di Pasar Modern dengan Mendirikan Stand Khusus.
Di depan supermarket atau hypermarket yang ada di pusat perbelanjaan atau mall. Umumnya pihak Mall menyiapkan stand-stand kecil di depan hypermarket, Anda juga bisa tanyakan pada pengelola mall tersebut. Modal yang di pakai memang cukup lumayan untuk menyewa stand, tapi Anda dapat menyiasatinya dengan memainkan harga penjualan bumbu dapur buatan Anda.

4. Menjual Produk di Kawasan Pemukiman.
Kuasai pasar sebuah lokasi seperti komplek perumahan di sekitar Anda. Gunakan brosur untuk sarana pemasaran, Anda cukup mengantarkan apabila terdapat orang yang order.

5. Menjual Produk Secara Online.
Berjualan dengan cara online baik dengan lewat blog maupun social media networking. Sarat utama di pasarkan secara online itu adalah Anda mesti dapat mengakali ketahanan barang Anda untuk tenggat waktu tertentu karena proses pengiriman memakan waktu.

Sumber : https://ramesia.com/bisnis-bumbu-dapur-kering/
https://ramesia.com/

Meraup Profit dari Bisnis Roti Bakar Sederhana


Membangun usaha pembuatan roti dengan skala kecil dapat menjadi opsi untuk Anda yang masih mencari bisnis yang menguntungkan. Usaha rumahan semacam ini termasuk kedalam jenis home industri yang tidak membutuhkan modal terlampau besar dan dapat dijalankan pada tempat dengan ukuran kecil cukup dengan menggunakan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah dapat dijalankan mengingat peralatan berupa mesin yang digunakannya berukuran kecil.

Bisnis roti bakar sederhana semacam ini juga dapat dijalankan diberbagai lokasi karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pernah memperhatikan di kios pinggir jalan roti seperti ini di jajakan dengan berbagai rasa seperti coklat, susu, moca dan lain lain. Roti di tawarkan dengan harga bervariasi dari mulai 1000 hingga 10 ribuan tergantung ukuran dan macam nya.

Itulah salah satu hasil dari produk bisnis roti bakar sederhana kelas ukm ini, rata-rata penjual menjual rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada petugas bagian datang untuk mengecek berapa roti yang laku terjual pada hari sebelumnya bersamaan dengan itu mereka juga mengisi kembali jika stok roti di warung nya mulai habis.

Langkah Memulai Bisnis Roti Bakar Sederhana
Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Pertama-tama yang harus di persiapkan adalah keahlian atau keterampilan untuk membuatnya baik dimiliki sendiri atau dengan merekrut orang yang terlatih dibidang pembuatan roti.

Setelah itu juga mesti di berikan berbagai jenis alat pendukung berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam mengadakan mesin inilah yang paling memakan banyak dana usaha karena harga tiap mesinnya cukup mahal, diantaranya yang umum di pakai adalah:

Mixer, yang berfungsi untuk membuat adonan utama pembuatan roti.
Mesin Proofer atau lemari pengembang roti, berguna untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti sebelum dimasukan ke dalam oven.
Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Berfungsi untuk membentuk dan memecah adonan roti agar ukurannya sama rata.
Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti.
Baca juga  Bagaimana Cara Bikin Usaha Minuman Kemasan yang Menguntungkan?
Berbagai jenis alat pendukung lain juga di butuh kan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain sebagainya. Harga dari tiap-tiap mesin di atas berbeda tergantung dari jenis nya, sebagai gambaran harganya antara 6 jutaan hingga 15 jutaan. Sehingga kalau Anda ingin secara lengkap mempunyai semua mesin produksi roti ini, dana yang harus Anda persiapkan sekitar 30 hingga 50 jutaan.

Lumayan besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu bersedih kalau modal usaha pembuatan roti rumahan Anda tidak sampai angka di atas. Contoh yang kami ulas di atas hanyalah sebagai gambaran biaya yang diperlukan untuk membeli mesin pembuat roti yang bagus.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis Usaha Minuman Kemasan Paling Diburu Konsumen